4 Prospek Kerja Desain Grafis Yang Paling Menjanjikan

Desainer Grafis atau lebih dikenal sebagai Graphic Design merupakan sebuah profesi/pekerjaan untuk menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau motion graphic baik untuk penerbit maupun media cetak dan elektronik. Seorang Desainer Grafis bertanggung jawab atas tampilan suatu produk pada media promosi. Tugasnya adalah menyampaikan informasi mengenai suatu produk secara menarik dengan mengakomodasi keinginan klien.

Saat ini Graphic Designer tidak hanya bisa berkarier di media, tapi bisa juga di berbagai industri. Misalnya industri jasa (periklanan, telekomunikasi,pendidikan,fotografi,konstruksi,teknologi informasi) maupun industri manufaktur seperti tekstil, garmen, mode, otomotif, elektronik. Seorang Graphic designer juga dapat ikut berperan dalam memecahkan masalah yang timbul di lingkup tertentu lewat iklan layanan masyarakat.

Menjadi seorang graphic designer tidak harus pintar menggambar, tapi sebaiknya memiliki kemampuan dasar menggambar yang baik. Hal ini penting agar mudah dalam menuangkan ide-ide kreatif ke dalam bentuk visual. Nah jangan lupa, ada satu hal penting lagi yaitu kemampuan menggunakan aplikasi desain grafis juga diperlukan untuk menunjang pembuatan ilustrasi.

Seiring dengan perkembangan zaman, semua pekerjaan berhubungan sama yang namanya desain khususnya desain grafis. Sebagai contoh perusahaan makanan, membutuhkan ide-ide kreatif seorang desain grafis baik untuk melakukan promosi maupun untuk mebuat desain kemasan yang menarik.

Berikut adalah 4 prospek kerja desain grafis yang sangat menjanjikan diantaranya :

  1. Graphic Designer. Seorang Graphic Designer bisa dikatakan sebagai seorang komunikator visual atau pemecah masalah (problem solver) untuk kebutuhan komunikasi dalam bentuk visual. Graphic designer mengkomunikasikan ide dengan tangan ataupun menggunakan komputer. Seorang desain grafis harus mampu membuat sebuah desain yang dapat memberikan dan menyampaikan informasi maupun pesan secara tepat sasaran, singkat, padat dan jelas namun menarik perhatian serta dapat mengomunikasikan ide atau identitas tertentu untuk digunakan sebagai iklan dan promosi. Graphic designer akan sering berkolaborasi dalam project para seniman, animator multimedia, dan profesional di bidang kreatif lainnya. Gaji seorang graphic designer berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 8 juta. Namun gaji rata-rata junior desain grafis adalah Rp 3,5 juta yang tergantung pada UMK atau UMP di masing–masing daerah.
  2. Art Director. Profesi art director dapat memiliki makna berbeda, tergantung organisasi tempatnya bekerja. Pada umumnya, profesi ini bertugas mengatur tim desainer yang bekerja untuk sebuah proyek kreatif. Seorang art director biasanya bertanggung jawab atas keseluruhan tampilan visual agar bisa persuasif. Tujuannya agar tampilan desain dianggap menarik oleh sasaran atau target pasar. Menjadi seorang art director, Anda harus dapat menghasilkan ide-ide inovatif untuk elemen visual kampanye iklan di semua jenis media. Misalnya saja seperti di poster, radio, internet (pemasaran digital) bahkan di televisi dan bioskop. Kisaran gaji art director berkisar mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 7 juta per bulan. Tapi balik lagi gaji berbeda-beda sesuai tempat bekerja dan pengalaman yang dimiliki.
  3. Animator. Profesi animator bertugas menghasilkan beberapa gambar yang disebut frame animation.Nantinya, frame animation ketika diurutkan bersama-sama menciptakan sebuah ilusi gerakan yang dikenal sebagai animasi. Gambar dapat dibuat melalui cara konvensional ataupun digital. Seorang animator bisa membuat animasi dalam bentuk 2D, 3D, ataupun 4D. Keterampilan dasar seorang animator adalah memiliki kemampuan artistik, tetapi juga harus memiliki keahlian menggunakan perangkat lunak komputer. Profesi animator menuntut berbagai kemampuan dan salah satu yang wajib dimiliki adalah kreativitas.Selain itu, menjadi seorang animator juga harus memiliki visualisasi yang baik. Gaji seorang animator berkisar mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 8 juta per bulan. Atau lebih tepatnya sesuai dengan dimana tempat bekerja, kompetensi dan pengalaman yang dimiliki.
  4. Ilustrator.  Profesi Ilustrator bisa dikatakan menjadi seorang seniman yang berprofesi khusus dibidang seni rupa umumnya sebagai pencipta gambar ilustrasi demi memperjelas maksud tulisan tertentu. Seorang ilustrator bekerja untuk membuat gambar statis berupa ilustrasi untuk digunakan dalam iklan, buku, majalah, kemasan produk, kartu ucapan, komik, ataupun surat kabar. Ilustrator juga dapat melakukan pekerjaan komersial untuk perusahaan, misalnya bekerja pada penerbit dan biro iklan untuk menggambar, mewarnai, dan membuat desain baru. Karyanya dapat mencakup ilustrasi buku, novel grafis dan logo perusahaan. Seorang ilustrator harus mempunyai banyak ide dalam desain dan memahami persepi dari klien untuk dapat menyampaikan sebuah pesan atau ide melalui gambar. Gaji seorang ilustrator berkisar mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 7,7 juta per bulan atau sesuai dengan perusahaan tempat bekerja, kompetensi dan pengalaman yang dimilikinya.

Buat kamu yang ingin mendalami bidang desain khususnya desain grafis mulai sekarang persiapkan dirimu, carilah kampus yang memberikan pendidikan skill dengan pembelajaran berbasis praktek. Kuliah tidak terlalu lama dan pastikan kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan industri.

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published.