Mengenal Sistem Operasi Linux

Dengan semakin berkembangnya tehnologi saat ini, ada bermacam-macam sistem operasi yang beredar, baik pada laptop, PC, switch, router,server, smartphone sampai smartwatch. Salah satu sistem operasi yang cukup populer dan cukup banyak digunakan adalah sistem operasi Linux. Meskipun begitu, masih ada banyak orang yang belum mengenal Linux saat ini.

Kira-kira, apa saja ya kelebihan Sistem Operasi Linux ini? Jika memang Linux lebih unggul dibanding sistem operasi lainnya, mengapa masih banyak orang, terutama di kalangan awam, yang tidak mengenal sistem operasi yang satu ini? Nah mari kita bahas sekaligus berkenalan dengan sistem operasi ini.

Pada dasarnya, Sistem Operasi Linux adalah operating system yang menggunakan kernel Linux di dalamnya. Salah satu keunggulan dari Linux ini adalah sifatnya yang gratis dan open source, sehingga sistem operasi yang satu ini bebas untuk digunakan dan bahkan dikembangkan.

Melihat dari sejarah perkembangannya, sistem operasi yang satu ini memang diciptakan dengan tujuan untuk bisa diakses secara bebas oleh semua orang. Pasalnya, para developer di masa itu sering kali terbentur dengan regulasi dan lisensi system operasi yang ada setiap kali akan membuat project. Dari permasalahan inilah para pengembang Linux mendapat inspirasi untuk mengembangkan sistem operasi yang dapat diakses secara bebas.
Jika memang sifatnya yang open source merupakan suatu keunggulan, lalu mengapa masih banyak kalangan awam yang tidak mengenal Sistem Operasi Linux? Nah, ternyata, sejak awal diciptakan, sistem operasi yang satu ini memang lebih difokuskan untuk digunakan pada pembuatan infrastruktur, mulai dari infrastruktur jaringan internet, infrastruktur keamanan, hingga infrastruktur IT. Oleh karena itu, tidak heran apabila kalangan awam yang lebih banyak penggunakan PC, laptop, dan smartphone kurang mengenal system operasi yang satu ini.

Jika kamu bekerja di bidang yang berhubungan dengan infrastruktur IT misalnya sebagai Sistem Administrator, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi yang satu ini. Pasalnya, Linux banyak digunakan untuk berbagai perangkat infrastruktur IT, seperti switch, router, hingga server. Selain itu, banyak juga aplikasi untuk server yang hanya mendukung Sistem Operasi Linux ini.

Bagi seorang user pemula atau yang masih awam, Linux terdengar asing atau sulit untuk dipelajari. Beberapa pengguna mengatakan bahwa hal itu benar adanya, namun untuk saat ini sangat banyak manfaat belajar linux. Linux merupakan sebuah sistem operasi yang istimewa dan memiliki peminat dari kalangan teknisi dan pengembang untuk mendukung semua proyek digital yang mereka miliki.
Nah jika kamu ingin belajar sistem operasi linux pastikan kamu memiliki mentor / guru dalam belajar minimal ada tempat bertanya ketika terjadi error. Walaupun bisa Linux bisa dipelajari sendiri / otodidak tapi jika kamu belajar melalui sebuah Lembaga Pendidikan maka proses belajarmu akan lebih terstruktur, ada tempat bertanya, fasilitas belajar dan lingkungan belajar yang mendukung sehingga goal atau tujuan belajarmu akan lebih cepat tercapai. Salam Sukses!

Add a Comment

Your email address will not be published.