Yuk kenal lebih jauh Luca Pacioli, bapak akuntansi dunia

Luca Pacioli lahir sebagai Fra Luca Bartolomeo de Pacioli pada tahun 1446 di Burgo San Sepolcro, Tuscany, Italia. Dia menghabiskan masa kecilnya di Venesia sebelum akhirnya pindah ke Roma pada tahun 1464. Di Roma, dia belajar di bawah bimbingan seniman dan matematikawan Piero della Francesca dan arsitek Leon Battista Alberti. Pacioli menerima sebagian besar pengetahuan awalnya dalam bidang geometri, aljabar, lukisan, dan perspektif dari dua tokoh Renaisans yang penting ini.

Pada tahun 1471 dia pindah ke Perugia untuk mengajar, sebelum kemudian bepergian ke seluruh Italia, sering kali mengajar anak-anak dari keluarga kaya. Pacioli menjadi biarawan Fransiskan kecil pada tahun 1487 dan kembali ke Perugia untuk mengajar sampai tahun 1491.

Luca Pacioli adalah seorang matematikawan Italia, pendidik dan biarawan Fransiskan. Selain dikenal sebagai sahabat dekat Leonardo da Vinci, Luca Pacioli juga dikenal sebagai Bapak Akuntansi Dunia. Hal itu karena ia mempopulerkan Sistem Pembukuan Berpasangan dalam bukunya Summa de Aritmatica, Geometrica Proortioni et Propotionallia yang menjadi pelopor lahirnya ilmu akuntansi. Itulah mengapa Luca Pacioli disebut sebagai bapak akuntansi dunia.
Luca Pacioli tidak hanya sezaman dengan Leonardo da Vinci, tetapi dia sangat dekat dengan artis terkenal itu. Di Milan, Pacioli berkolaborasi, tinggal bersamanya dan mengajar matematika kepada Leonardo da Vinci. Pacioli menggambarkan da Vinci sebagai pelukis, arsitek, dan musisi hebat. Sebagai bukti persahabatan mereka, beberapa buku Pacioli dihias dengan ilustrasi Da Vinci.

Sebaliknya, Pacioli sering menggunakan pengetahuan matematikanya untuk membantu da Vinci menulis karya-karyanya. Misalnya, Pacioli pernah membantu da Vinci membuat perhitungan untuk pembuatan patung kuda berukuran besar. Meskipun tentara menghancurkan patung itu, kata Pacioli, ketika dibuat dari perunggu, patung itu tingginya 26 kaki dan beratnya sekitar 200.000 pound. Pada bulan Desember 1499, Pacioli dan da Vinci harus melarikan diri dari Milan ketika Louis XII menaklukkan kota tersebut. Setelah itu mereka sering bepergian bersama dari Mantua, Venesia, dan terus ke Florence.

Luca Pacioli menerbitkan beberapa buku matematika, antara lain:
• Summa de Aritmatica, Geometrica Proortioni et Propositionallia (1494)
• De Viribus quantitatis (1496-1508)
• Geometria (1509)
• De Divina ratione (1509)

Summa de Aritmatica, Geometrica Proortioni et Propotionallia, merupakan buku yang membuat Luca Pacioli dikenal sebagai bapak akuntansi dunia. Buku ini memiliki bab tentang akuntansi, Tractus de Computies et Scriptoris. Bab ini menyajikan sistem pembukuan berpasangan yang mengawali lahirnya akuntansi. Tak lama setelah terbitnya buku tersebut, ilmu akuntansi mulai diterapkan di Italia sebelum kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia. Itulah mengapa Luca Pacioli disebut sebagai bapak akuntansi dunia.
Pada tahun 1500-1505 Luca Pacioli, yang terkenal di bidangnya, pindah ke Pisa untuk mengajar. Pada tahun 1509, salah satu karya terbesarnya, Divina Proportione, berisi 60 ilustrasi da Vinci, dicetak di Florence. Dia mendedikasikan karya ini untuk Gonfaloniere Pietro Soderin, yang mendukung sejumlah ilmuwan dan seniman, termasuk da Vinci dan Michelangelo.
Pada tahun 1514, Paus Leo X menawarinya posisi mengajar di Universitas Roma. Luca Pacioli meninggal pada tahun 1517 di Sansepolcro yang merupakan kota kelahirannya.

sumber : https://www.newworldencyclopedia.org/entry/Luca_Pacioli